Sunday 24 December 2017

بامبانغ سوبريادي الفوركس السلام


بامبانغ سوبريجادي أوكس كيسيمبانغان بيلاكسانان أساس ديسنتراليساسي، أساسديكونسنتراسي دان توغاس بيمبانتوان أدالا سواتو كونديسي يانغ ديسيتا-سيتاكان أوليه سيتياب بينيلنغارا بيمرينتاهان ديرا دي إندونيسيا. بينغالامان 64 تاهون ميلاكساناكان ديسنتراليساسي، ديمولاي سيجاك أوندنغ-أوندانغ نومور 1 تاهون 1945 سوداه ديبيرلاكوكان ديسنتراليساسي ولوبون إنتنسيتنيا سانغات كيسيل سيكالي. سيتياب بنغانتي أوندانغ-أوندانغ تنتانغ بيمرينتا ديرة يانغ سوداه بيرغانتي سيبانياك توجوه كالي، تردابات نموذج بيلاكسانان بيمرينتاهان ديرة يانغ بادا هاكاتنيا أدالا طارق أولور أنتارا لوكوس كيكوسان بيرا دي بوسات دنغان تيتيك بيرات بادا بيلاكسانان أساس سينتراليساسي أتوكاه كيكوسان بيرادا دي ديرة دنجان منغوتاماكان بيلاكسانان أساس ديسنتراليساسي. بانياك باكار بيربندابات باهوا ماسالا كيسيمبانغان بيلاسانان أساس ديسنتراليساسي دان أساس ديكونسنتراسي ميروباكان ماسالا يانغ سوليت دان كومبلكس كارينا سيلالو ديبنغاروهي أوله موديل بينيلنغاران أورسان بيمرينتاهان سيكارا أنسيونال دان كيبتينغان بوليتيكا سيرتا سوسيال إكونومي ماسيراكارات. ماسلا كيسيمبانغان بيلاسانان كيتيغا أساس تيرسيبوت مينيمبولكان دامباك بادا تومبانيا تينديهنيا بيلوسانان أوروسان يايتو أنتارا ساتو سيكتور دنغان سيكتور لين، أنتارا بيرانغكات بوسات دنغان بيرانغكات ديرا. سيكارا تيوريتيس موبون إمبيريس بينيلنغاران فونجسي بيميرينتهان تيداك لاجي ديلاكساناكان سيكارا ديسنتراليساسي أتاو سينتراليساسي سيماتا، ميلينكان منغكومبيناسيكان أنتارا أساس ديسنتراليساسي، أساس ديكونسنتراسي دان توغاس بيمبانتوان. بينليتيان تنتانغ نموذج كيسيمبانغان بيلاكسانان أساس ديسنتراليساسي، أساس ديكونسنتراسي دان توغاس بيمبانتوان دلام رانكا هوبونغان أنتارا بوسات دان ديرة دي إندونيسيا ماسيه سانغات سيديكيت ديلاكوكان. جيكا أدا إيتوبون هانيا منغكاجي تينتانغ سيستيم بيمباجيان فونجسي أتاو أوروسان سيرتا فاكتور-فاكتور يانغ ميمنغاروهي بيسارنيا أوتونومي ديرا. نامون بينغاجيان سيكارا خوسوس تنتانغ كيسيمبانغان بيلاسانان أساس-باس بيمرينتاهان دي إندونيسيا سيبانجانغ بنجياهوان بينيليتي ماسيه سانغات لانغكا. DENGAN pertimbangan tersebut pengkajian يانغ berjudul 8220 Hubungan انتارا بوسات دان في Daerah (ستودي ANALISIS Keseimbangan Pelaksanaan الاساس Desentralisasi، الاساس Dekonsentrasi دان توغاس Pembantuan سيرتا Dampaknya بالقلق إزاء Efektivitas دان Efisiensi Penyelenggaraan Urusan Pendidikan دي Provinsi جاوا تيمور) diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran بالقلق إزاء kajian tentang pelaksanaan الاساس desentralisasi ، أساس ديكونسنتراسي دان توغاس بيمبانتوان سيباغاي باجيان داري كاجيان إلمو أدمينيستراسي دان ماناجيريكان سومبانغان بيميكيران باجي بارا بينغامبيل دان بيلاكسانا كيبيجاكان ديسنتراليساسي دي إندونيسيا. بينليتيان إيني منغوناكان ميتود بينيليتيان كواليتاتيف دنغان تانيك مقابلة مندلام دان ستودي دوكومنتاسي داري داتا سيكوندر يانغ أدا دي كانتور سكريتاريات بروفينزي، سكريتاريات دربد بروفينزي دان كانتور ديناس دان بادان بروفينزي دي جاوا تيمور. دي سامبينغ إيتو بينيليتي جوغا ميمينتا بيندابات داري أهليبمبينغ دلام ميلاكوكان فاليداسي ترهاداب رانكانغان نموذج يانغ بينيليتي كيمبانغكان بيرداساركان كاجيان توري تنتانغ أساس-أساس بينيلغاران بيمرينتاهان. كيموديان هوبونغان أنتارا بوسات دان ديرا سيرتا موديل كيسيمبانغان بيلاسانان أساس ديسنتراليساسي، ديكونسنتراسي دان توغاس بيمبانتوان. بادا تهاب أخير بينيليتي جوغا ميلاكوكان كونفيرماسي أتاس رانكانغان موديل ميلالوي كونسولتاسي دنغان بيمبيمبينغ دان هاسيلنيا أدالا موديل كيسيمبانغان بيلاكسانان أساس ديسنتراليساسي، ديكونسنتراسي، دان توغاس بيمبوانت دي تينغكات بروفينسي سيباغاي إمبليمنتاسي هوبونغان أنتارا بوسات دان ديرة. بيبيرابا بيندكاتان موديل كيسيمبانغان أنتارا لين: (1) كيمانديريان بيلاكسانان أوروسان بيمرينتاهان كيموديان مينجادي أوروسان بيرساما (كونتيرن باورس) أنتارا ماسينغ-ماسينغ تينغكاتان ديرة أوتونوم دان أنتارا بوسات دان ديرة (2) كيسيجاجاران أوروسان، ماسينغ-ماسينغ أوروسان ميمبونياي فونجسي دان بيرانان يانغ ساماساما بينتينغ (3) بروبورسيونال أوروسان، باهوا كريتيفيتاس بينجمبانغان بيلاكسانان يوروسان تيرباتاس بادا كيوانانغان يانغ ديبيريكان دان ديباتاسي أوله بيراتوران بيرندانغ-أوندانغان يانغ سوداه بيرلاكو. بيبيرابا إمبليكاسي تيوري ديمانا ديبيرلوكان مينيمبورناكان بيلاكسانان أساس ديسنتراليساسي، بيرسامان دنغان بيلاكسانان أساس ديكونسنتراسي دان توغاس بيمبانتوان سيبيرتي يانغ بيرلاكو سيكارانغ. مينوروت أوندانغ-أوندانغ نومور 32 تاهون 2004 تنتانغ بيمرينتاهان ديرة، كيموديان ديبيربايكي دينغان بينرابان موديل بيمباجيان أوروسان كامبوران (هبريد) ميلالوي بيندكاتان كيغونان دان كيسيسويان دينغان أسبيراسي ماسياراكات دلام بينغامبيلان كيبيجاكان أغار تيردابات كيسيمبانغان يانغ أوبتيمال أونلوك ميلاهركان بيليانان بوبليك يانغ إفكتيف دان إفيسيان. سيلانجوتنيا ديبيرلوكان أدانيا دورونغان كيمانديريان ديرا أونتوك ميمبياياي سيغناب أوروسان بيمرينتاهان سيرتا أوتونومي بارتاي بوليتيك دي ديرة، أجار كيبجاكان ديرا تيداك لاغي ديتنتوكان أوله بوسات سيماتا. نامون ماسياراكات دي ديرة يانغ ميمبونياي أوتوريتاس دلام مينيلغارغارا أورسان دان كيبوتوسان سينديري. تينتانغ بوكو. بوكو إيني بيريسي. 144 هلامان، إديسي سيتاكان لوكس، ديلنغكابي دنغان لاميران بيراتوران بيمرينتا No. 38 تاهون 2007 تنتانغ بيمباجيان أوروسان بيميرينتا أنتارا بيميرينتا، بيميرينتا بروبينزي، دان بيميرينتا كابوباتن كوتا. بوكو إيني ميروباكان هاسيل بينليتيان لابانغان تنتانغ كيسيمبانغان بيلاكسانان أساس ديسنتراليساسي، ديكونسنتراسي، دان توغاس بيمبانتوان دي بروفينزي جاوا تيمور يانغ دابات ديغوناكان سيباغاي ليتيراتور الوجه باجي بارا ماهاسيسوا دان كالانغان أوموم دلام ميماهامي هوبونغان بوسات دان ديرة دان بيلاكسانان أوتوموندي ديرا دي إندونيسيا. تلعب على الانترنت مجانا. (031) 567 7577 بسو. 143 أتاو ميلالوي البريد الإلكتروني. bambangsupri55gmail أتاو bambangsuprijadiuwksyahoo. co. id atau dapat langsung ميمسان دنغان لي-ريبلي توليسان إيني. مينوغو كومونيتاس إسين 2011 (كومونيتاس كامانان إسين 2015) بيرهيمبونان بانغزا-بانغزا إجا تنغارا (إسين) يانغ ديديريكان ميلالوي ديكلاراسي بانغكوك بادا 8 أغوستس 1967، سيسونغوهنيا ميمانغ سوداه ميروباكان كومونيتاس كامانان (سيكوريتي كوميونيتي)، كارينا صلاح ساتو بوتير بنتينغ داري أوال بيمبنتوكان إسين إيالا ميماجوكان بيردامايان دان ستابيليتاس دي كواسان إجا تنغارا. ميسكيبون كيرجا سما إسين سيبيرتي تيرماكتوت دالارن ديكلاراسي بانكوك ليبيه ديتوجوكان أونتوك ميمبرسيبات per173tumbuhan إكونومي، بيركمبانغان سوسيال دان pembangun173an بوديا دي كواسان، أدالا سواتو كياتان باهوا pem173bentukan الآسيوية ليبيه ديدورونغ أوله موتيف بوليتيك. أنتارا لين ميماجوكان بيردامايان دان ستابيليتاس كواسان ميلالوي بينغورماتان منجيكت أتاس كيديلان دان أتوران هوكوم دلام هوبونغان أنتار نيغارا دي كواسان يانغ سيجالان دنغان برينزيب برينسيب بياجام بيرسيريكاتان بانغزا-بانغزا (بياغام بب). إسيان بيرديري تيداك بيرا لاما سيتيلا إندونيسيا مينغنتيكان بوليتيك كونفرونتاسي ترهاداب فيديراسي مالايسيا. هال إني يانغ منجادي فونداسي باجي الآسيوي أجار بيرباغاي بيرسوالان ديسليزايكان سيكارا داماي دان تيداك ميلالوي شقراء. سيلين سول تسوية سلمية للمنازعات، أدالا سواتو كينياتان بولا باهوا آسيان ديديريكان ونتوك مينسيبتاكان راسا أمان، تيروتاما داري أنكامان إنتربرينت سيبيرتي بيمبرونتاك بيرسينجاتا، خسوسنيا داري أونسور-173unsur كومونيس يانغ سات إيتو ماسيه أدا دي بيبيرابا إسينا سيبيرتي إندونيسيا، الفلبين الفلبين. نامون الآسيوي بوكانلا سواتو بيرهيمبونان نيجارا-أنغار كومونيس، تيربوكتي دنغان ماسوكنيا نيغارا-نيغارا يانغ كوات أونكور كومونيسنيا سيبيرتي فيتنام، كمبوديا، دان لاوس كي دلام الآسيوي بادا 1990-أن. دلام ميمبنتوك سيبواه كومونيتاس كامانان إسين، ديبوتوهكان ميكانيسم فورمال موبون إنفورمال يانغ بيسا بيرفونغسي ونتوك منغورانجي، منسيغاه دان منجيلولا كونفليك يانغ مونكول. أونتوك ميوجودكانيا، إسين هاروس مينينغكاتكان كابابيليتاسنيا دنغان mem173perkuat ميكانيسم يانغ سوداه أدا أتاو جيكا بيرلو mem173bentuk سواتو ميكانيسم بارو يانغ سيسواي دنغان تونتوان سات إيني دان ماسا ديبان. أوليه كارينانيا، باراديجما كيمانان ناسيونال يانغ سيلاما إيني هانيا ديتانكان كيبادا أسبك كيوتوهان تيريتوريال دان بيرساتوان أنسيونال بيرلو ديبريهياس هينغغا مينينتو أسبك كامانان مانوسيا (هيومان سيكوريتي) سيباغاي كومبونين داسار ماسيراكات بانغزا. باب إيني أكان ميمبهاس تنتانغ: سيجارا مونكولنيا كونسيب كومونيتاس كامانان، أبا يانغ ديماكسود دنغان كومونيتاس كامانان دان بيرباغاي بينتوك سيرتا تاهابان كومونيتاس كامانان كيموديان باغيمانا بيران إندونيسيا دلام إفولوسي كيرجا سما بوليتيك كامانان سيرتا أكان ديباهاس جوغا منغناي كيرانغكا كيرجا كومونيتاس كامانان إسين (إسين سيكوريتي كوميونيتي - ASC). كاجيان تيوري كومونيتاس كامانان منغيكوتي ديفينيسي يانغ ديبيركينالكان كارل ديوتسش بادا بيرتنغاهان 1950-أن، سواتو كومونيتاس كامانان ديارتيكان سيباغاي سيكيلومبوك راكيت يانغ تيرينتيغراسي بادا ساتو تيتيك دي مانا تيردابات جامينان نياتا باهوا بارا أنغوتا كومونيتاس تيرسيبوت تيداك أكان بيربيرانغ ساتو سما لين سيكارا فيسيك، ميلينكان أكان مينيلزايكان بيرسيليسيهان دي أنتارا ميريكا دنغان كارا لين. ديوتسش منغوبسيرفاسي أدا دوا بينتوك كومونيتاس كامانان، يايتو أمالغاماتد سيكوريتي كوميونيتي دان مجتمع الأمن التعددي (بسك). المجتمع الأمني ​​المكلف بالسلامة، وحدة الدفاع عن النفس، وحدة الدفاع عن حقوق الإنسان، وحدة الدفاع عن حقوق الإنسان، والشرطة الوطنية، والشرطة الوطنية، بسك سيباغاي ألترناتيف، تيتاب ميمبرتاكانكان إنديبندنسي هوكوم داري pe173merintahan-بيمرينتاهان يانغ تيربيساه. نيغارا-نيغارا دي دولام بسك ميميليكي كيسيسويان منغناي نيلاي-نيلاي إنتي يانغ ديدورونغ داري إنستيتوسي-إنستيتوسي بيرساما، دان tanggung173jawab بيرساما أونتوك ميمبانغون إيدنتيتاس بيرساما دان لوياليتاس، سواتو راسا كيكيتان دان تيرينتيغراسي بادا ساتو تيتيك دي مانا ميريكا ميمبونياي ديبندابل إكسكتاتيون أوف بيسيفول تشانج. دينغان كاتا لين، سواتو بسك تيربينتوك كيتيكا نيغارا-نيغارا منجادي تيرينتيغراسي بادا ساتو تيتيك دي مانا ميريكا ميميليكي سينس يانغ، بادا جيليرانيا، منسيبتاكان سواتو جامينان باهوا ميريكا أكان menyelesai173kan بيربيدان-بيربيدان ميريكا دي لوار بيرانغ. سينغكات173nya، مينوروت ديوتسش، نيغارا-نيغارا يانغ تيرغابونغ دي دلام كومونيتاس كامانان تيلاه مينسيبتاكان بوكان هانيا سواتو تاتانان يانغ استقرار (نظام مستقر)، ميلينكان، بادا كينياتانيا، سواتو بيردامايان يانغ الاستقرار (سلام مستقر). فونداسي-فونداسي كونسيبتوال باجي تيربنتونيا ko173munitas كامانان تيرديري اتاس تيغا تاتاران. بزاز تاتاران بيرتاما، تردابات كونديسي-كونديسي يانغ ميمبرسيبات تربنتكونيا كومونيتاس كيمانان، يايتو تيجادينيا بيروبهان تانولوجي دان أدانيا أنكامان داري لوار، me173nyebabkan نيجارا-ميمبنتوك أليانزي دان مونكول هاسرات أونتوك منغورسكي بيرساما ميلالوردينس كيمانان. نامون، بيربيدا دنغان أليانسي ميليشر يانغ ديتوجوكان ونتوك مينغادابي أنكامان داري لوار، كومونيتاس كامانان ليبيه ديتوجوكان ونتوك meng173hadapi أنكامان داري دلام كومونيتاس إيتو سيندي دان تيداك برتوجوان ممبانغون أليانزي ميليتر أونتوك مينغادابي أنكامان داري لوار. سيلين إيتو، بيروباهان ديموغرافي، إكونومي دان بيركمبانغنيا إنتربريتاسي بارو منغيناي رياليتاس سوسيال مينيبابكان نيغارا-نيغارا ميليريك أرا يانغ ديامبيل أوله ماسينغ-ماسينغ نيغارا دان بيروبايا أونتوك meng173oordinasikan كيبيجاكانيا ونتوك مينكاباي كيتونغان بيرساما. بادا تاتاران إيني نيغارا-نيغرا سوداه مولاي me173ngesampingkan أنكامان ميليتر دان ليبيه ميمفوكوسكان ديري بادا كيرجا سما غير ميليشر، سيبيرتي دي بيدانغ إكونومي، سوسيال دان بودايا. بادا تاتاران بيرتاما إيني ماسيه بيلوم تيربنتوك راسا سالينغ بيركايا. أضف إلى قائمة الأماني. بادا بريسس تيرسيبوت، ديبوتوهكان أدانيا كيكواتان دان بنجيتهوان منغناي سيسامانيا. كيكواتان بوكان دلام أرتيان الصعب الطاقة سيماتا ميلينكان، ليبيه بنتينغ لاجي، عدالة لينة السلطة. بادوان أنتارا لينة الطاقة 173 دان بنجيتهوان، منغناي أنغوتا كومونيتاس، أبا يانغ منجادي كيبتينغان بيرساما سيرتا كيبنتينغان ديري ماسينغ-ماسينغ أنغوتا كومونيتاس، ميروباكان باجيان داري بروسس بيمبلاجاران سوسيال دان ميمبانغون فونداسي أورغانيساسي. باد تاتاران كيتيجا كونديسي-كونديسي يانغ ديبيرلوكان أونتوك مينسيبتاكان ديبندابل إكسكتاتيونس أوف بيسفيد change173 ديبوتوهكان سوسياليساسي بادا تينغكاتان إليت بوليتيك دان راكيات أجار مونكول راسا سالينغ بيركايا يانغ بادا جيليرانيا men173ciptakan إيدنتيتاس كولكتيف. دنكان ديميكيان أكان تيرسيبتا بولا كيبوديان ريجيونال يانغ ديتريما بيرساما، ميسالنيا تنتانغ ديموكراسي، ديفيلوبمنتاليسم دان هاك-هاك أساسي مانوسيا. داري سيني أخيرنيا تيرسيبتا أبا يانغ ديسيبوت سيباجاي توقعات يمكن الاعتماد عليها من التغيير السلمي. سواتو كومونيتاس كامانان بيلوم منجادي وودنيا يانغ أوتوه، أتاو ko173munitas كامانان يانغ أكتوال، جيكا سوسياليساسي دان إنتيراكسي سوسيال بيلوم مينينتو ماسيرااكات بادا تاتاران بواه. دنغان كاتا لين، سواتو بيرهيمبونان أتاو أسوسياسي بارو ميروباكان كومونيتاس كيمانان رسمي سيماتا جيكا سوسياليساسي دان إنتيراكسي هانيا ترجادي بادا تينغكاتان إليت بوليتيك، أتاو ليبيه سيمبيت لاجي، باد تاتاران بيروكراسي pe173merintahan دان ميريكا يانغ بيرتانغونغ جواب بادا بيرسوالان كيمانان. بيردبان باندانغان منغيناي أباكاه دان سيجوه مانا إسين تيلاه مينجيلما منجادي سواتو كومونيتاس كامانان مينوروت أميتاف أتشاريا، بايك سينديري موبون بيرساما بينوليس لين، أدالا ساتو داري سيديكيت بينغامات hu173bungan إنترناسيونال يانغ بيروبايا مينغاناليسيس إسين ميلالوي بيندكاتان كومونيتاس كيمانان. نامون، كارينا يا بيروبايا مينجيلاسكان باهوا كومونيتاس كامانان دابات ساجا تيربنتوك دي أنتارا نيغارا-نيغارا يانغ تيداك مينغانوت ديموكراسي ليبيرال، سواتو بوسيسي يانغ أمات بيربيدا دينغان ديوتسش دان كاوان-كوان بادا 1957. أميتاف، دابات ديكاتيغوريكان سيباغاي صلاح ساتو بينغانوت نيو-ديوتسشيان أتاو أورانغ يانغ تيداك سيكارا مورني مينيراكان بيرباغاي بريميس يانغ دياجوكان أوله كارل ديوتسش. بوسيسي أميتاف تامباكنيا أمات تيبات. جيكا تيداك، أدالا سواتو هال يانغ مستاهيل أونتوك منغادوبسي كونسيب كومونيتاس كامانان باجي كواسان دي لوار إوروبا بارات دان أميريكا أوتارا يانغ نيغارا-نيغارانيا تيداك منغانوت باهام ديموكراسي ليبيرال. سيبيرتي كيتا كيتاهوي بيرساما، صلاح ساتو بيلار داري يوني يوروبا أدالا سيكوليريسم دان ديموكراسي ليبيرال، دان إيني تيداك بيرلاكو سيكارا مورني دي دولام إسين، مسكيبون بادا رانكانغان بياجام إسين جوغا سوداه مولاي بيكارا منغيناي ديموكراسي دان هاك-هاك أساسي مانوسيا. ميروجوك بادا هوبونغان سيكيلومبوك نيانغ يانغ ديتانداي سيكاب سالينغ بيركايا يانغ تينغجي سيرتا براسان ميميليكي إيدنتياس بيرساما، ماكا كونفليك بيرسنجاتا أنتارا نيغارا-نيغارا ترسيبوت منجادي سواتو هال يانغ تيداك ter173bayangkan. مجتمع كهاديران يانغ ديتانداي أوله ada173nya هوية مشتركة دان نحن نشعر سيباجاي هاسيل سواتو برويسس إنتيراكسي مينسيبتاكان سواتو غير الحرب المجتمع أتاو ko173munitas كامانان. نيغارا-نيغارا يانغ تيركايت دلام سواتو كومونيتاس كيمانان ميميليكي ديبندابل expec173tations من سلمية تغيير أتاو دابات منغاندالكان باهوا دلام بيرهوبونغان ساتو سما لين سيتيوب بيروبهان أكان بيرلانغسونغ سيكارا داماي. يانغ منجادي فوكوس بيرهاتيان بينغامات هوبونغان إنترناسيونال عدالة تونريستيك سيكوريتي كوميونيتي (بسك)، يايتو هوبونغان ترانزناسيونال negara173negara بيردولات دلام ساتو كواسان دي مانا ماسياراكاتنيا سينانتياسا ميمليهارا هوبونغان داماي، أتاو a ترانسناتيونال ريجيون إنجليش سيباراتيون كونتريزد ويث بيوبل ويث بيوبل ويث كونسيردابل إكسكتاتيونس أوف سلمي تشانج. بسك بيربيدا داري أمغاماتد سيكوريتي commu173nity، دي مانا بارا أنغوتا بيرغابونغ دلام سواتو ke173satuan دان مينيراكان كيدولاتانيا كيبادا إنتيتياس بارو تيرسيبوت، ميسالنيا دلام سواتو نيغارا فيديرال أتاو كونفيدراسي. سيموا بينغامات سيتوجو باهوا إروبا بارات يانغ ter173gabung دلام يوني إروبا ميروباكان سواتو كومونيتاس كامانان، مينينغغالكان سيجارا كونفليك بيراباد-أباد يانغ مينكاباي بونكانيا دلام دوا شقراء داد دي أباد كي-20. ديميكيان جوغا هالنيا دنغان ولايا إسكندينافيا، سيموا بينغامات سيباكات باهوا نيغارا-نيغارا يانغ بادا أباد-أباد سيبيلومينغ سيرينغ تيرليبات بيرانغ، سيجاك أوال أباد كي-20 بيرهاسيل مينجادي نون-وار كوميونيتي. إروبا بارات سيكارا كيسيلوروهان تيلاه مينجيلما منجادي سواتو ko173munitas كامانان بوكانلا دنغان مينسيبتاكان ستروكتور أتاو إنستيتوسي كامانان بيرساما. كومونيتاس كامانان دي يوروبا بارات تيرسيبتا ميلالوي بروسس ديسكوريتيساسي دنغان سيكارا بيرتاب ميلاكوكان مارجيناليساسي ترهاداب masalah173-ماسالا كامانان سيرتا مينونجولكان إسو-إيسو يانغ لين. كينياتان إيني بيربيدا داري باندانغان سيباجيان بيزار teore173tikus يانغ شقراء باهوا كومونيتاس كيمانان هانيا. دابات ديرايه دنغان مينسيبتاكان ستروكتور دان إنستيتوسي ke173amanan بيرساما. بيرتولاك داري ديفينيسي أوال ديوتسش يانغ كيموديان ديكيمبانغكان أوليه مايكل بارنيت دان إمانويل أدلر ماكا بارا بينغامات آسيان بيردبات منغيناي أباكاه الآسيان سيتيلاه إمبات بولوه تاهون تيلاه منجيلا داري سواتو أسوسيا مينيماليس مينجادي سواتو كومونيتاس كيمانان. بارا إسينيست بيربندابات باهوا أسين سوداه men173jelma منجادي كومونيتاس كامانان. بوكتينيا بيربيدا دنجان فتاة بينه كونفليك دي ماسا سيبلوميا، سيجاك الآسيوية بيرديري تاهون 1967 تيداك أدا لاجي كونفليك تربوك أنتارا نيغارا أنغوتا مسكيبون بيرسيليهان دان بيربدان كيبنتينغان ماسيه سيرينغ تيرجادي. سوليت dibayang173kan باهوا بيرتيكيان أكان بيكا منجادي بيرانغ تيربوكا أنتارا أنسوتا أنغوتا، كارينا سيجاك تاهون 1976 الآسيان تيلاه منجمبانغكان قواعد السلوك الإقليمية ميلالوي معاهدة الصداقة والتعاون في جنوب شرق آسيا (تاك). إنتينيا سيتياب بيرتيكيان هاروس ديسليزايكان سيكارا داماي دان بينغونان كيكيراسان أتاو أنكامان منغوناكان كيكيراسان سما سيكالي تيداك ديبيناركان. صلاح سورانغ يانغ بالينغ بيرسيمانغات مينغاتاكان باهوا أسان سوداه منجادي كومونيتاس كيمانان أدالا إستريلا D. سوليدوم. بادا 1974 سوليدوم تيلاه مينوليس تيسيس يانغ ديتربيتكان دنغان جودول نحو مجتمع جنوب شرق آسيا يانغ ber173pendapat بهوا الآسيان سوداه مولاي مينوجو كومونيتاس كامانان. بادا 2003 سوليدوم كمبالي مينيغاسكان باهوا آسيان تيلاه منسيبتاكان كامانان دي آسيا تينغارا سيهينغغا الاسيان تيلاه منجادي الأمن الكامل com173munity. دي لين بيهاك تيداك سيديكيت بينغامات يانغ سكيبتيس دان سينيس ترهاداب إسين. ماسيه بانياكن سنغكيتا ولايا، بيرتيكيان دان كونفليك كيبتينغان أنتارا سيساما أنغوتا، بيلوم أدانيا نورما بيرساما يانغ ديانوت، ليمانيا بيراساان إيدنتيتاس بيرساما سيرتا بيلوم أدانيا ميكانيسم أسين يانغ هاندال دان تيروجي ونتوك مينيلزايكان كونفليك، ديتونجوك سيباغاي بوكتي باهوا سيسونغونيا إسين ماسيه جوه داري سواتو بينتوك كومونيتاس كيمانان . أبابيلا تيدك جبهة مورو الإسلامية للتحرير أنتارا أنغوتا إيتو ديكاتاكان سيباجاي جبهة تحرير مورو الإسلامية كارينا كيبرادان نحن شعور أتاو إيدنتياس بيرساما نيغارا-نيغارا الآسيوي، تيتابي مونغكين ديسبابكان أوله بيرباغاي فاكتور لين يانغ بيسا ديجيلاسكان دنغان منغوناكان بيندكاتان واقعي. كاوم واقعي ميسالانيا أكان بيراغومنتاسي باهوا بيردامايان دي كواسان الآسيان ليبيه ديسبابكان أوله بيرباغاي فاكتور سيبيرتي دي173terrence، كيبينغينغان بيمبانغونان دلام نيجري masing173-ماسينغ يانغ ميندورونغ سيكاب سالينغ مينان ديري، كاديران أنكامان بيرساما داري لوار، كيبراداان كيكواتان إكسترا-ريجيونال خوسنيا أميريكا سيريكات يانغ men173dorong تيرسيبتانيا تاتانان ريجيونال يانغ ريلاتيف داماي دان سيباغينيا. كومونيتاس يانغ ديبانغون أوله إسين ديانغاب ماسيه سيمو كالاو تيداك دابات ديكاتاكان بالسو. سيباجيان بيزار بينغامات إسين بيرادا دي أنتارا دوا باندانغان إكستريم دي أتاس. تاهابان كومونيتاس كامانان يانغ ديتوليس أدلر دان بارنيت، دلام أوبايانيا ميمبركان بيرسبكتيف توريتيك منغيناي كومونيتيز كومونيتيز. منجيلاسكان بيرباغاي باندانغان منغيناي منغابا تيرجادي كيتيادان بيرانغ (غياب الحرب) بادا أومنيا، دان خسوسنيا بيراناغ يانغ الاستقرار. باغي بينغانوت واقعي أتاو نيو-راليست، أسومسي دازار يانغ بيرلاكو إيلا ستروكتور بوليتيك inter173nasional تارجانتونغ بادا ديستريبوسي كيكوسان يانغ me173mpengaruhi هوبونغان أنتارا الفقرة أكتور، سيسواتو لينغكونغان يانغ سانغات أسوسيال. سيبليكنيا بينغوت كونستروكتيفيسم منغاكوي باهوا رياليتاس إنترناسيونال ميروباكان سواتو كونستروكسي سوسيال يانغ ديدورونغ أوله بنجيرتيان بيرساما، تيرماسوك نورما-نورما، يانغ مونكول داري إنتيراكسي سوسيال. كارينا إيتو، بارا بينغانوت كونستروكتيفيسم ميماندانغ باهوا بارا أكتور إنترناسيونال تيريكات دلام ساتو ستروكتور يانغ نورماتيف دان جوغا ماتريال (ياكني يانغ بيريسي أتوران-173aturan دان سومبر-سومبر)، دان يانغ ميمونغكينكان ميريكا، بادا كونديسي يانغ تيبات، ممبانغكيتكان إيدنتاس دان نورما-نورما بيرساما يانغ تيريكات بادا سواتو per173damaian يانغ الاستقرار. آسيان كيني بيرادا بادا تاهابان فاريان اقتران فضفاضة مجتمع الأمن التعددية يانغ ناضجة، تاهابان يانغ سيبينارنيا ماسيه جوه داري يقترن بإحكام مجتمع الأمن التعددي. بادا بسك يانغ لونغار، بارا أنغوتا مينغورماتي كيدا سيكوريتي كوميونيتي يانغ بالينغ يانغ بالينج الحد الأدنى تيداك ميلاكوكان أغريسي أتاو ميلاكوكان أنكامان ترهاداب أنسوتا. سيمنتارا دلام بسك يانغ ليبيه كيتات أدا دوا هال لاجي يانغ هاروس ديبنوهي. بيرتاما، الفقرة أنغوتا منغمبانغكان الأمن المساعدة المتبادلة. أتاو سالينغ ميمبانتو دلام ماسالا كيمانان دنغان ميمبنتوك سواتو سيستيم كيمانان كولكتيف، دان كيدوا، أدا أتوران يانغ، منغيكات الفقرة أنغوتا سيهينغغا نيكارا أنغوتا تيداك لاجي سيبينوهيا بيردولات. دون إيمرسون جوغا بيربندابات باهوا الآسيان سوداه مينونجوكان كيبراداان بسك يانغ تيبيس أتاو بسك دريبريبتيف. أنغوتا إسين ميميليكي راسا كيبرسامان كومونيتاس دان جوغا هارابان أتاس كامانان، نامون بيلوم دابات سيكارا باستي ديكاتاكان باهوا براسان كومونتاسلا يانغ مينسيبتاان كيمانان ريجيونال تيرسيبوت. بسك يانغ تيبال (كومونيتي كومونيتي كومونيتي) merupa173kan كيدان كيتيكا دابات ديتونجوكان سيكارا مياكينكان أدانيا كوساليتاس باهوا كيبرادان المجتمع دان الأمن. دي لين بيهاك بينغلامان الآسيان جوغا me173minjukkan باهوا هوبونغان أنتارا المجتمع دان الأمن تيداكلا الخطي سيبيرتي ديكيموكاكان أوليه الألمانية دان بينجيكوتنيا، تيتابي جاسترو ميروباكان هوبونغان تيمبال باليك. تيرسيبتانيا كاواسان يانغ استقرار دان داماي جوغا ميمونكينكان تريجالينيا هوبونغان كيرجا سما أنتارا دينغا بانغزا يانغ سيماكين إرات دي لينغكونغان الآسيان، يانغ بادا جيليرانيا دابات ميلاهركان هيدنتاس بيرساما دان بيرسان نحن شعور يانغ ميروباكان وجود المجتمع. إيفولوسي كيرجا سما بوليتيك كامانان: بيرانان إندونيسيا تيرليباس داري بيردباتان دي كالانغان أكاديميس منغناي أباكاه آسيان سوداه منجادي كومونيتاس كامانان آتاو بيلوم دان سيبيرابا تيبال أتاو تيبيس ماسياراكات كامانان يانغ تيلاه تيربنتوك ترسيبوت، بارا بيمبوات كيبيجاكان إسين جوسترو بارو منغوسولكان بيمبنتوكان كومونيتاس كامانان إسين (إسين سيكوريتي كوميونيتي (أسك) أونتوك بيرتاما كالي بادا 2003 أونتو ديوجودكان بادا 2020، دان كيموديان ديبرسبات منجادي تاهون 2015. هال إني سيكارا نياتا مينونجوكان باهوا دلام باندانغان بارا بيمبوات كيبيجاكان الآسيان سينديري، سيسونغونيا أسك إيتو بيلوملا تيربينتوك، دان ديبركيراكان أكان ميماكان واكتو سيلما ليبيه ساتو ديكاد سيجاك أوسول ديبوات ونتوك ديرياليساسي، أبابيلا سيتياب رينكانا أكسي دييمبليمنتاسيكان سيكارا كونسيستن. بيمبينان إسين-تامبانيا مولاي تانغاب ترهاداب بيرباغاي كريتيك يانغ تيمبول أتاس ليمانيا سيستيم دان أتوران يانغ منغيكات إسين يانغ دينيلاي منغامبات كينيرجا أوبتيمال أورغانيساسي ريجيونال إيني. كيتيداكبيردايان إسين دلام ميرسبونس بيرباغاي كريسيس يانغ تيمبول دي كواسان إيني دي أخير تاهون 1990-أن، khusus173nya يانغ مينيمبا بيبيرابا أنغوتا كونسي إسين، جوغا ميندورونغ لاهرنيا بيميكيران، يانغ ليبيه راديكال منغيناي أرا إسين كي ديبان. أباكاه آسيان أكان ميمبرتاهان 173كان الوضع الراهن سيباجاي أسوسياسي يانغ مينيماليس، يانغ بيربيجاك بادا برينسيب كيدولاتان دان نون-إنتيرفنسي أبسولوت، دنغان ريكو إني منغالامي مارجيناليساسي دان سيماكين بيركورانغنيا ريليفانزي إسين دلام كيهيدوبان بارا أنغوتانيا، أتاو إسين هاروس ميلاكوكان ريفورماسي دان منغوبا باراديغمانيا، أنتارا لين دنغان ميلانغكاه ليبيه جوه داري بيندكاتان إسين واي يانغ سيبلومنيا دياغونغكان. ميسيليكيبون بيمبنتوكان الآسيوي ميميليكي توجوان أخير بوليتيك دان كامانان ياكين تيرسيبتانيا هوبونغان هارمونيس أنتارا مفلس أنغوتا سيهينغا دابات ميلاهيركان كاواسان يان أمان دان ستابيل باديا الآسيوية الآسيوية سيغاجا مينغينداري كيرجا سما دي بيدانغ اللسان دان كامانان يانغ دينيلاي تيرلالو سنسيتيف. بيربيدان سيستيم بوليتيك دان أورينتاسي كيبيجاكان بيرتاهانان negara173nya إيتو سينديري أسيان، مسكيبون ميريكا سما-سما أنتي كومونيس، سيرتا ماسيه ريندانيا سيكاب سالينغ بيركايا أنتارا ميريكا يانغ تيربيساه لاما أوله بينغلامان سيجارا كولونيال يانغ بيربيدا-بيدا، مينيبابكان بارا بندري إسين سانغات بيرهاتي-هاتي منغيناي أبا يانغ بيسا ديتريما بيرساما. أسيان ديسيبتاكان سيباجاي أسوسياس يانغ لونغار ونتوك ميمبانغون راسا سالينغ بيركايا ميلالوي كيريا سما دي بيدانه-بيدانغ يانغ تيداك تيرلالو سنسيتيف سيبيرتي ماسالا إكونومي دان سوسيال-بوديا. سيباجاي أسوسياس، إسين تيداك ديماكسودكان ونتوك منجادي سواتو أورغانيزاسي ريجيونال يانغ منغيكات، أبالاجي يانغ ميميليكي ويوينانغ سوبراناسيونال يانغ دابات منغورانجي كيدولاتان دان إنديبندنسي دلام بيرتينداك الفقرة أنغوتانيا. آسيان بادا أوالنيا تيداك ليبيه داري سواتو باغويوبان الإقليمية يانغ فونغسي أوتامانيا أدالا منجاغا ستابيليتاس دان كامانان لينغكونغان ميلالوي برينسيب هوبانغان برتيتانغا بايك و أنتارا لين دنغان تيداك سالينغ مينكامبوري أوروسان دلام نيجري ماسينغ-ماسينغ سيرتا منغورماتي كيدولاتان دان إنتغريتياس ولاية سيساما سيهينغغا سيتياب أنغوتا دابات ميمفوكوسكان بيرهاتيان بادا بيمبانغونان دلام نيجيري ماسينغ-ماسينغ. جيلاس سيكالي باهوا فيسي تنتانغ إنتغراسي ريجيونال، أبالاجي ميمبانغون سواتو كومونيتاس إسين يانغ ديداساري سواتو بياجام إسين يانغ منغيكات دان هاروس ديباتوهي سيتاب أنغورا تيداكلا تيربايانغكان، دان كالاو تيربايانغكان باستي ديتنتانغ، بادا أوال berdiri173 نيا إسين بادا 1967. دلام سيتواسي بيرانج دينجين، خوسنفا دي تينغاه بيرانغ فيتنام يانغ ماسيه بيركيكاموك دان كهاديران الصين سيباغاي كيكواتان كومونيس يانغ ديتاكوتي، نيغارا-نيغارا أنتي-كومونيس يانغ تيرغابونغ دلام إسين جوغا تيداك إنجين ديسيتراكان سيباغاي كاكي-تانغان بلوك بارات. سيباجيان أنغوتا إسين ميروباكان سيكوتو نيغارا-نيغارا بارات، سيبيرتي تايلند دان فليبينا يانغ منجادي أنغوتا أليانزي ميليتر سيتو (منظمة معاهدة جنوب شرق آسيا) يانغ ديبيمين أميريكا سيريكات، نامون سيباجيان لاجي، خوسنيا إندونيسيا، أدالا أنغوتا جيراكان نون-بلوك. تيداكلا منغيرانكان باهوا كيتيكا ديديريكان إسين منجوهي كيرجا سما دلام بيدانغ بيرتاهانان دان كامانان بادا تاتاران ريجيونال، كارينا هال إيتو تيداك ساجا سانغات سوليت أونتوك ديلاكوكان منغنات بيربديان يانغ أدا، تيتابي الآسيان تيداك إنجين ديسيتراكان سيباغاي باكتا ميليتر أنتي-كومونيس يانغ جوسترو دابات منغوندانغ أنكامان داري كيكواتان كومونيس واكتو إيتو. دلام بيرجالانانيا، ترنياتا بادا أوالنيا كيغياتان إسين يانغ ليبيه مينونجول جوسترو دولام بيدانغ بوليتيك دان كامانان (بوكان بيرتاهانان) ريجيونال. هالي إيني دابات ديليهات داري لاهيرنيا ديكلاراسي زوبان (منطقة السلام، Free173dom والحياد) بادا 1971 سيباغاي ريسبونز نيغارا-نيغارا آسيان ترهاداب دوكترين غوام يانغ ديكانانغكان أميركا سيريكات بادا 1969، باهوا نيغارا-دي كواسان إيني هاروس ليبيه مانديري دلام بيدانغ بيرتاهانان، سيرتا ريسبون تيرهاداب لانغكاه نورماليساسي هوبونغان أميريكا سيريكات دان تشاينا يانغ منجيجوتكان بيبيرابا سيكوتو أميركا سيريكات دي كواسان إيني. نيغارا-نيغارا الآسيان ديتونتوت أونتوك تيداك لاجي تيرلالو منغانتونغكان ديري بادا بير 173lindungan كيكواتان لور يانغ سيتياب سعت كيبتينغانيا بيزا بيروبا تانبا تيرلالو ميمراتيكان كيبينغان سيكوتو-سيكوتونيا يانغ كيسيل. كيمينانغان كيكواتان كومونيس دي إندوشينا سيكارا كيسيلوروهان دان موندرنيا باسوكان أميركا سيريكات داري فيتنام بادا 1975 ميندورونغ لاهيرنيا إعلان رابطة أمم جنوب شرق آسيا اتفاق بالي (كونفورد بالي) كونفيرنزي تينغكات تينغجي (كت) بيرتاما بارا كيبالا بيمرينتاهان الآسيان تاهون 1976 يانغ ميموات بيدانغ-بيرانغ كيرجا سما ter173masuk بيدانغ بوليتيك. كت I دي بالي تيرسيبوت جوغا ميلاهركان معاهدة الصداقة والتعاون في جنوب شرق آسيا (تاك) يانغ منغاتور تنتانغ بينيليزايان كونفليك سيكارا داماي دان بيلارانغان بينغونان كيكيراسان دلام مينيلزايكان كونفليك. تاك جوغا ميموات بروفيسي تنتانغ بينيليزايان كونفليك أنتارا أسامة أنغوتا آسيان ميلالوي ميكانيسم المجلس الأعلى أبابيلا ديسيتوجوي أوله كيدوا بيهاك يانغ بيرتيكاي. تاك ميروباكان قواعد السلوك الإقليمية يانغ سيلاما إيني ديانغاب بالينغ بيربيران دلام ميريدام كونفليك أنتارا سيساما أنغوتا دان مينومبوكان بيدايا هوبونغان داماي. إنفاسي دان بيندودوكان يانغ ديلاكوكان باسوكان فيتنام ترهادب كمبوديا داري تاهون 1979 سامباي دنغان 1991 جوغا منجيديبانكان بيران الآسيان دلام بدينغ بوليتيك دان كامانان ريجيونال. أسين ميمينكان بيران يانغ سانغات أكتيف دلام منغاخيري كونفليك دي Cam173bodia، تيروتاما ميلالوي كيجياتان ديبلوماتيك دي بب. Indo173nesia جوغا سانغات بيربيران دلام نيغوسياسي داماي يانغ منغاكيري بيندودوكان فيتنام دي كمبوديا ميلالوي سيرانغكايان بيرتموان غير رسمية (حفلات كوكتيل، جاكرتا الاجتماعات غير الرسمية) دي إندونيسيا أنتارا بيهاك-بيهاك يانغ بيرتيكاي، دان بيرانان إندونيسيا سيباغاي كو-تشيرس بيرساما بيرانسيس دلام بيروندينغان داماي دي باريس بادا 1991 سيتينا بيرانغ دينجين بيراخير كيرجا سما إسين دولام بيدانغ بوليتيك-كامانان سيماكين مينينغكات دنغان منغمبانغكان سياب كي ويلاه إجا باسيفيك يانغ ليبيه لواس. آسيان منجيلوركان ديكلاراسي بيرساما تنتانغ لوت سينا ​​سلاتان بادا 1992 يانغ مينولاك بينغونان كيكيراسان دلام بينيليزايان سنغكيتا ولاية تيرسيبوت سيباغاي ريسبون أتا أكتيفيتاس الصين يانغ منغكلايم سيلوروه ولاية لوت سينا ​​سيلاتان. بادج 4 4 A / AC.105 / 8 / Add.3 4 بادج 5 A / AC.105 / 8 / Add.3 4 بادج 3 مؤتمر آسيان الإقليمي لرابطة أمم جنوب شرقي آسيا، المنتدى الإقليمي لرابطة أمم جنوب شرق آسيا، أرف ديتوجوكان ونتوك ماماغوكان راسا سالينغ بيركايا أتاو Confir173dence تدابير البناء (كبم)، الدبلوماسية الوقائية دان أبابيلا ميمونكينكان ونتوك مينليسايكان كونفليك (con173flict ريسولوتيون). بادج 5 S / PV.4799 08-49979 5/6/9/9/9/9/Addoc. html بادج 6 S / PV.4735 (ريسومبتيون 1) AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS AS Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra AS Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra Tra دان كامانان الآسيان. داري سيمولا إندونيسيا منغينكينكان سواتو تاتانان ريجيونال يانغ مانديري، يانغ بيباس داري كامبور تانغان كيكواتان أسينغ. كيتيكا إسين ديديريكان إندونيسيا ميروباكان ساتو-ساتونيا أنغوتا يانغ تيداك تيريكات دلام أليانزي بيرتاهانان دنغان بيهاك لوار. كينغينان إندونيسيا إيني تيداك سيبينوهنيا ديدوكونغ أنغوتا لين يانغ ماسيه ميناروه كوريغا أتاس أمبيسي إندونيسيا سيباغاي نيغارا تيربيزار دي إجا تنغارا دان بيرنا ميلانكاركان كونفرونتاسي بيرسنجاتا ترهاداب مالايسيا (تيرماسوك سينغابورا). ديكلاراسي زوبان دان ميكانيسم ونتوك مينيليزايكان كونفليك دلام تاك يانغ mengedepan173kan بيرانان نيغارا-نيغارا كواسان سيديري مينكرمينكان سيكاب إندونيسيا يانغ منغينكانغان نيغارا-نيغارا إسين منجادي توان روما دي نيجيري سينديري. بالي كونكورد I جوغا مموات باندانغان إندونيسيا منغناي كامانان يانغ بيرسيفات كومبرهنزيف (كومبريهنزيف سيكوريتي)، دي مانا سيتياب بيدانغ كايت-منغكيت ونتوك ميمبانغون كيتاهانان ناسيونال. سيلاما بيمرينتاهان أوردي بارو بيمبانغونان دلام نيجيري إندونيسيا سانغات منيكانكان بيندكاتان كامانان كومبريهنزيف ترسيبوت دينغان ميلاكوكان سيكوريتاسي ter253hadap هامبير سيتياب أسبك كيهيدوبان بايك بوليتيك، إكونومي، ماوبون سوسيال دان بودايا سيباغاي استراتيجى ميوجودكان ستابيليتاس دان كامانان. مسكيبون ديدوميناسي كيكواتان ميليتر، بيميرينتا أوردي بارو تيداك منجديبانكان أورغانيساسي ميليتر عطر بيرتاهانان ميليتر أن سيتش سيباجاي استمناء بيرتاهانان دان كيمانان، بايك دلام مينغادابي أنكامان داري دلام موبون داري لوار نيجيري. Doktrin yang dikembangkan Indonesia mengenai Ketahanan Nasional ( National Resilience ) dan Ketahanan Regional ( Regional Re173silience ) diadopsi di dalam Declaration of ASEAN Concord I. Pendekatan Keamanan ini, meskipun bersifat kompre173hensif, berorientasi pada pemeliharaan keamanan negara atau state security terutama dari ancaman internal, sehingga keamanan insani atau human security . apalagi yang berkaitan dengan hak asasi manusia menjadi problematis. Tidak jarang keamanan negara diraih dengan melakukan pelanggaran hak asasi manusia secara sistematis. Hal ini juga terjadi di negara-negara ASEAN lainnya yang juga berada di bawah pemerintahan otoriter atau semi-otoriter. Juga, merupakan kenyataan bahwa selama pemerintahan Orde Baru Indonesia merupakan negara yang tergolong konservatif dalam ASEAN apabila dikaitkan dengan kesediaan menyerahkan sebagian kewenangan terhadap institusi ASEAN. Indonesia sangat sensitif terhadap isu kedaulatan dan intervensi dari luar mengingat pengalaman sejarah seperti pemberontakan daerah yang didukung pihak luar, termasuk oleh sebagian negara yang kemudian tergabung dalam ASEAN. Prinsip musyawarah dan mufakat atau konsensus dalam mencapai keputusan juga merupakan bagian dari budaya politik Indonesia di bawah Orde Baru yang diadopsi ASEAN. Dengan kata lain, Indonesia mcrupa173kan tokoh kunci dalam kelanggengan ASEAN Way, yang di satu pihak telah membantu menciptakan hubungan antara anggota yang harmonis serta kawasan yang relatif aman dan stabil, dan di lain pihak menghambat ASEAN untuk me173langkah lebih cepat dan dinamis untuk mengatasi persoalan173persoalan regional. Dalam ASEAN Way ini fokus kegiatan adalah negara dan para pelaku kegiatan adalah para elit pe173merintahan yang cenderung eksklusif, didominasi oleh Departemen Luar Negeri masing-masing anggota. Melihat kenyataan di atas adalah menarik dan mungkin tidak terlalu mengherankan bahwa Indonesia berada di garda terdepan dalam memajukan konsep ASC. Yang menarik perhatian adalah beberapa usul dalam konsep ASC yang mulai meninggalkan sebagian dari prinsip-prinsip baku dalam ASEAN yang dulu dipegang erat Indonesia, misalnya negara sebagai fokus utama kerja sama, prinsip untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri dan kerja sama per173tahanan di luar wadah ASEAN. Indonesia ingin mendorong kerja sama politik dan keamanan di lingkungan ASEAN vang tidak hanya terfokus pada upaya membangun hubungan damai antar-negara tetapi juga mencegah terjadinya kekerasan di dalam negeri antara lain dengan memajukan demokrasi dan perlindungan hak asasi manusia (HAM). Artinya Indonesia ingin menciptakan ASC yang tidak saja state-oriented tetapi juga people-orierited . dan tidak hanya mengedepankan hubungan damai antar-negara ASEAN tetapi juga hubungan damai di dalam negeri masing-masing seperti definisi komunitas keamanan yang ditulis Laurie Nathan di atas. Melalui ASC institusi regional ini juga diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam memelihara perdamaian regional dan menyelesaikan konflik melalui mekanisme regional sendiri. Hal ini akan diulas secara lebih rinci di bagian berikutnya. Ada beberapa alasan mengapa Indonesia mengambil prakarsa mengusulkan konsep ASC dengan definisi yang lebih luas tersebut, meliputi hubungan internasional serta situasi keamanan di dalam negeri masing-masing anggota. بيرتاما. sejak terjadi reformasi politik pada 1998 yang mengantarkan Indonesia menjadi negara demokrasi, de173mokrasi dan hak asasi manusia menjadi isu sentral dalam kehidupan nasional Indonesia yang turut memengaruhi kebijakan luar negeri. Demokratisasi juga memperluas aktor yang turut memengaruhi perumusan kebijakan luar negeri Indonesia sebagai kelompok penekan, misalnya semakin meningkatnya peran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), lembaga swadaya masyarakat, media dan kalangan akademisi. Di antara isu yang diangkat oleh para kelompok penekan tersebut adalah ketidakpuasan terhadap kinerja ASEAN yang terlalu state-oriented atau berorientasi pada negara dan cenderung mengabaikan aspirasi masyarakat luas serta kurang peduli pada hak-hak sipil dan politik masyarakatnya. كيدوا. pengalaman Indonesia menghadapi kekerasan di Timor Timur pada 1999 dan ketidakmampuan negara-negara ASEAN untuk mengambil peran utama dalam memulihkan keamanan sehingga pasukan inter173nasional didominasi tentara Australia, yang menimbulkan kemarahan kelompok nasionalis Indonesia, memunculkan ide di Jakarta agar ke depan ASEAN bisa lebih berperan dalam memelihara perdamaian regional secara aktif. كيتيجا. dalam rangka mengisi rencana Komunitas ASEAN yang akan disepakati di KTT ASEAN di Bali pada 2003, Indonesia perlu mengusulkan inisiatif yang dapat mengembalikan kepemimpinan Indonesia di ASEAN yang redup setelah didera krisis multidimensional sejak 1997. Keempat, Indo173nesia berpendapat bahwa setelah ASEAN Free Trade Area mulai diimplementasikan dan usul Singapura tentang Komunitas Ekonomi ASEAN disetujui, kerja sama ASEAN terlalu didominasi isu-isu ekonomi sementara kerja sama politik-keamanan, khususnya yang membenahi hubungan intra-ASEAN, kurang mendapat perhatian. Konsep ASC diajukan Indonesia sebagai payung kerja sama politik-ke173amanan untuk mewujudkan visi Komunitas ASEAN. Harus diakui bahwa dalam ASEAN selama ini Indonesia lebih menaruh perhatian terhadap masalah politik-keamanan daripada masalah ekonomi karena Indonesia cenderung nicrasa kalah bersaing di bidang ekonomi dengan negara-173negara ASEAN lainnya. Komunitas Keamanan ASEAN 2003 dan Vientiane Action Program 2004 Pada KTT ke-9 ASEAN di Bali pada Oktober 2003, para pemimpin ASEAN dalam Declaration of ASEAN Concord II (Bali Concord II) menyepakati pembentukan Komunitas ASEAN yang terdiri dari tiga pilar, yaitu kerja sama politik dan keamanan, kerja sama ekonomi dan kerja sama sosial budaya. Kerangka ASC meliputi 12 poin. Kalau dicermati, kerangka ASC sesungguhnya tidak beranjak jauh dari apa yang sudah dimiliki clan dipraktikkan ASEAN selama ini. Prinsip-prinsip mengenai kedaulatan negara, non-intervensi, pembuatan kcputusan melalui konsensus, dan penyelesaian konflik secara damai dan tetap menjadi ciri utama ASC. ASC juga menegaskan kembali komitmen terhadap semua instrumen politik ASEAN yang sudah ada. Di samping itu ASC juga menolak pakta militer dan lebih mengedepankan pendekatan keamanan yang komprehensif. Perbedaan ASC dari kerja sama politik sebelumnya adalah keinginan untuk memperkuat kapasitas ASEAN dalam rangka mencegah dan menyelesaikan konflik dan kekacauan di lingkungan ASEAN sendiri, sesuatu yang belum pernah diajukan sebelumnya. Kerja sama maritim di tingkat regional, tidak saja secara bilateral atau trilateral juga merupakan inisiatif baru. Bali Concord II juga mengusulkan peningkatan kerja sama di bidang pertahanan secara lebih luas, hal yang sebelumnya selalu dihindari. Perlu diketahui bahwa draft yang diusulkan Indonesia sebenarnya mengandung lebih banyak ide orisinal yang cukup radikal. Meskipun tetap mendukung prinsip non173interferensi dalam urusan domestik masing-masing negara anggota, Indonesia menginginkan prinsip ini diterapkan secara lebih fleksibel agar negara anggota lebih terbuka ter173hadap saran dan keterlibatan para anggota lainnya apabila ada masalah yang bersifat lintas batas atau menimbulkan krisis kemanusiaan. Indonesia juga mengusulkan agar ASEAN memajukan demokrasi serta memerhatikan perlindungan HAM, antara lain dengan mendirikan mekanisme regional perlindungan HAM. Ide orisinal lainnya adalah pem173bentukan pasukan perdamaian regional sehingga ASEAN memiliki kemampuan untuk memainkan peran aktif dalam pemeliharaan perdamaian dan post-conflict peace building. Kemampuan seperti ini diperlukan apabila ASEAN ingin berperan dalam pemeliharaan perdamaian regional seperti yang dimaksud dalam Bab VIII Piagam PBB. Indonesia juga mengusulkan diadakannya ASEAN Extradition Treaty. Namun dalam pertemuan di Bali usul-usul Indonesia tersebut ditentang oleh sebagian negara anggota lainnya yang menilai usul Indonesia telah melangkah terlalu jauh. Tidak ada anggota ASEAN lain yang secara eksplisit menentang usul Indonesia untuk memasukkan demokratisasi dan perlindungan atas HAM, meskipun beberapa anggota, tidak hanya Myanmar, merasa kurang nyaman dengan usul173usul Indonesia tersebut. Fokus kritik tertuju pada usul pembentukan pasukan perdamaian ASEAN yang dapat digelar di negara-negara anggota ASEAN apabila diperlukan. Meskipun Indonesia sendiri telah mengundang rnisi perdamaian dari negara-negara ASEAN, baik untuk turut mengatasi kekacauan di Timor Timur setelah dilakukan jajak pendapat bulan Agustus 1999 maupun untuk mengimple173mentasikan hasil Perdamaian Helsinki di Aceh, sebagian besar negara ASEAN menganggap ide pembentukan pasukan perdamaian ASEAN terlalu prematur. Pertanvaan berkisar seputar masalah-masalah teknis tentang besar kekuatan, pendanaan, sistem komando dan lain-lain, namun dapat diperkirakan bahwa masalah utama adalah masih adanya kekhawatiran tentang kemungkinan intervensi dalam masalah domestik oleh pasukan perdamaian ASEAN yang mungkin akan didominasi oleh anggota yang lebih besar. Usul pembentukan pasukan perdamaian ASEAN tidak menjadi bagian dari ASC. Kerangka ASC yang akhir173nya disetujui juga tidak secara eksplisit berbicara tentang komitmen memajukan demokrasi dan HAM, sehingga tidak kelihatan adanya pergeseran kerja sama politik dan keamanan ASEAN dari state-oriented menjadi lebih people-oriented. Namun apabila membaca Bali Concord II secara lebih teliti akan terlihat adanya sedikit pergeseran paradigma dari orientasi yang sepenuhnya terfokus pada keamanan negara dan hubungan antar-negara menuju keamanan yang lebih memperhatikan pembangunan politik yang lebih demo173kratis, meskipun masih sangat samar-samar. Ball Coizcord II juga mendorong agar negara-negara ASEAN menjadi lebih terbuka pada kritik-kritik dari sesama anggota. Dalam Butir 4 Deklarasi dinyatakan bahwa ASEAN akan menumbuhkan nilai 8211 nilai bersama, misalnya kebiasaan untuk berkonsultasi membicarakan isu-isu politik dan kesediaan untuk membagi informasi mengenai masalah yang menjadi perhatian bersama, seperti masalah perusakan lingkungan hidup, kerja sama maritim, peningkatan kerja sama pertahan173an antar-sesama negara ASEAN, membangun seperangkat nilai 8211 nilai dan prinsip-prinsip sosial-politik . dan kemauan untuk menyelesaikan pertikaian yang telah berlarut-larut secara damai. Mengingat perbedaan sistem politik yang tajam di ASEAN, yang terbagi di antara negara-negara demokratis, semi-demokratis dan otoriter, dapat dipahami bahwa pengungkapan komitmen untuk memajukan demo173krasi dan perlindungan HAM secara terbuka seperti yang pada awalnya diusulkan Indonesia masih sulit diterima. Kata-kata yang dimiringkan oleh penulis secara halus dan implisit menyatakan bahwa ASEAN akan mengembangkan nilai-nilai bersama dan lebih terbuka membicarakan hal-173hal yang menyangkut kepentingan bersama dapat dikatakan sebagai kata sandi, bahwa masalah dalam negeri tidak lagi tabu untuk dibicarakan, dan bahwa ASEAN ingin mengembangkan nilai-nilai bersama tentang sistem sosial173 politik yang ideal. Butir 1 dari kerangka ASC juga memuat kata democratic dan just bahwa negeri-negeri di kawasan ini akan hidup secara damai-dalam lingkungan yang adil, demokratis dan harmonious, meskipun Emmerson ber173komentar bahwa kata 8220 harmonious8221 mungkin ditambahkan oleh negara-negara yang tidak menghendaki sistem demo173krasi yang kompetitif yang dapat menimbulkan disharmoni. Rencana aksi ASC dikembangkan secara lebih detail dalam Vientiane Action Program (VAP) yang disetujui pada November 2004. VAP mengenai ABC berhasil mcnyelipkan beberapa butir tentang demokrasi dan pcrlindungan HAM secara lebih terbuka. VAP juga mengakui peranan dialog Jalur Kedua (Track-Two) yang melibatkan aktor-aktor non-173pemerintah dalam mengembangkan Komunitas ASEAN serta mendorong keterlibatan kerja sama antar masyarakat ASEAN secara lebih luas, misalnya melalui ASEAN Peoples Assembly (APA). Dalam Goals mid Strategies towards Realising the ASEAN Community, tema dari ASC adalah Enhancing peace, sta173bility, democracy and prosperity in the region through com173prehensive political and security cooperation . Di sini kata demokrasi sekali lagi dimunculkan secara terbuka. VAP memiliki lima 8220 Strategic Thrusts8221 yaitu Political Development, Sharing and Shaping Norms, Conflict Prevention, Conflict Resolution, Pos-Conflict Peace 8211 Building. Di bawah Political Development terdapat tujuh untuk mengembangkan ASC, antara lain, meningkatkan pengetahuan dan apresiasi mengenai sistem politik, budaya dan sejarah melalui peningkatan hubungan masyarakat dan kegiatan track-two memajukan hak asasi manusia dan tanggung jawab manusia membangun dukungan timbal balik antar sesama negara ASEAN untuk mengembangkan strategi penegakan supremasi hukum, sistem peradilan dan infrastruktur hukum dan membangun tata kelola pemerintah173an dan sektor swasta yang baik mencegah korupsi. Meskipun masalah HAM dan supremasi hukum tidak disinggung di dalam Bali Concord II . strategi di bidang pembangunan politik berhasil menggolkan masalah penting ini di dalam VAP. Disebutnya APA dan kegiatan track-two juga me173nunjukkan pengaruh jaringan ASEAN-ISIS yang telah melaksanakan APA setiap tahun sejak tahun 2000, walaupun 173pada awalnya kurang mendapat dukungan yang memadai dari sebagian negara ASEAN. APA selama ini hanya didukung empat negara ASEAN, yakni Indonesia, Malay173sia, Filipina dan Thailand. Di bawah Shaping mid Sharing of Norms dikatakan bahwa akan dibangun common adherence to norms of good conduct in a democratic, tolerant, participatory and open community dalam rangka memperkuat solidaritas, kohesivitas dan harmoni ASEAN (zve feelitig), suatu per173nyataan yang cukup tegas tentang keinginan untuk membangun sistem politik yang demokratis yang terbuka dan partisipatif sebagai salah satu syarat terbentuknya suatu security commurlity . Hanya agak aneh bahwa selain upaya menyusun Piagam ASEAN, strategi yang diusulkan sama sekali tidak berkaitan dengan pembangunan sistem politik yang dapat mendorong terciptanya demokrasi, tetapi lebih menekankan prinsip-prinsip kerja sama regional yang sudah baku seperti TAC, SEANWFZ dan kerja sama dalam bidang cowiter-terrorism . Di bawah judul Conflict Prevention ada tujuh strategi yang akan ditempuh, antara lain meningkatkan pertukaran antara personil militer, meningkatkan transparansi dalam bidang kebijakan pertahanan, membangun sistem pe173ringatan dini ASEAN berdasarkan instrumen yang ada untuk mencegah terjadinya atau eskalasi konflik, mengatasi kejahatan transnasional melalui kerja sama regional, mem173buat ASEAN Arms Register dan mendorong kerja sama maritim. Strategi dalam rangka mencegah konflik ini me173negaskan kembali kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, misalnya kerja sama dalam mengatasi terorisme dan kejahatan transnasional, namun juga ada usul-usul baru seperti mendorong kerja sama maritim dan pemhuatan ASEAN Arms Register . Dalam bidang Conflict Resolution . VAP belum sampai pada proposal yang eksplisit mengenai pembentukan suatu pasukan perdamaian ASEAN, namun jalan ke arah itu sudah muncul. Ada tiga strategi yang disepakati, yaitu menggunakan pusat pasukan perdamaian yang telah dan akan dibentuk secara nasional ( existing and planned national peacekeeping centres ) untuk membangun mekanisme regional guna memelihara perdamaian dan keamanan re173gional apabila diperlukan memperkuat dan membangun mekanisme baru berdasarkan modrrs renvrlt-s, ii.1n konflik secara damai yang sudah adamelaksanakan penelitian bersama tentang manajemen dan resolusi konflik. Strategi baru mewujudkan ASC banyak muncul di bawah judul 8220Post Conflict Peace Building8221 . Ada lima strategi yang disepakati untuk membangun perdamaian yang langgeng pada masa pasca-konflik sehingga mencegah terulangnya kembali konflik. Ketujuh strategi tersebut adalah: memperkuat bantuan kemanusiaan dengan cara menyediakan tempat berlindung ( safe havens ) di wilayah konflik melaksanakan pembangunan sumber daya manusia dan program pembangunan kapasitas di wilayah yang menjalani resolusi pasca-konflik dan rehabilitasi meng173upayakan terbentuknya pusat manajemenbantuan krisis ASEAN mengurangi ketegangan antar-komunal melalui pertukaran pendidikan dan pembaruan kurikulum me173ningkatkan kerja sama dalam rekonsiliasi dan mempromosi173kan budaya damai. Dalam bidang pembangunan damal pasca-konflik ini strategi yang dikembangkan secara eksplisit bertujuan menangani masalah konflik dalam negara sehingga security community yang hendak dikembangkan tidak hanya ber173kaitan dengan hubungan antar-negara. Manakala hubungan perang dan damai antar-negara lebih menonjolkan peranan negara, maka masalah konflik dan damai di dalam negeri terkait dengan hubungan antara negara dan masyarakat (hubungan vertikal) dan hubungan antar-masyarakat (hubungan horizontal). Dari seluruh strategi yang hendak dikembangkan dalam rangka mewujudkan ASC, maka yang secara terbuka mengembangkan kebijakan yang lebih people-oriented adalah strategi Post-Conflict Peace Build173ing . Berikutnya adalah di bidang Political Development dan Shaping and Sharing of Norms , meskipun di bidang yang terakhir ini strategi yang dikembangkan belum sepenuhnya mendukung sasaran yang hendak dicapai. Kelima Strate173gic Thrusts di atas dilengkapi dengan Program Areas and Measures yang cukup detail. Pertanyaan yang muncul apakah ASC juga akan me173lahirkan kebijakan yang sama dalam bidang politik luar negeri dan keamanan atau Common Foreign and Security Policy (CFSP) seperti yang sudah diterapkan oleh Uni Eropa Dilihat dari butir-butir kesepakatan dan rencana aksi ASC belum tampak ada niat untuk mengarah pada suatu CFSP. Hal ini tidak mengherankan, karena ketika masih berbentuk European Community negara-negara Eropa Barat juga belum memiliki suatu CFSP. CFSP baru disepakati setelah Euro173pean Community menjelma menjadi Uni Eropa pada awal tahun 1990-an, namun pelaksanaannya tetap menghadapi banyak masalah seperti terlihat dari perbedaan-perbedaan yang terjadi di antara negara-negara anggota dalam menyikapi invasi Amerika Serikat ke Irak pada 2003. Uni Eropa juga belum berhasil membentuk kekuatan pertahanan bersama yang otonom dari pasukan NATO (North Atlantic Treaty Organitation) yang didominasi Amerika Serikat. Namun di lain pihak, negara-negara ASEAN selama ini sudah terbiasa mengoordinasikan kebijakan luar negeri mereka dalam menghadapi pihak ketiga, seperti terlihat dalam ke173berhasilan ASEAN dalam memperjuangkan masalah Cam173bodia di tingkat PBB dan dalam mendorong China untuk menyepakati pengelolaan konflik Laut China Selatan secara damai. Dengan demikian, bukanlah suatu hal yang terlalu sulit apabila suatu ketika Komunitas Asia Tenggara (South East Asian Community-SEAC) memiliki Common Foreign Policy. Kesulitan yang lebih besar tetap akan ditemui dalam bidang Common Security Policy, terutama yang berkaitan dengan masalah pertahanan dan peranan militer umum173nya. Sebagian negara anggota ASEAN atau mungkin nanti173nva berubah nama menjadi SEAC terikat dalam aliansi militer dengan pihak luar, sementara sebagian lagi menganut kebijakan non-blok. Apabila terjadi lagi suatu krisis seperti perang Irak yang baru lalu yang melibatkan Amerika Serikat maka dapat diduga bahwa sekutunya di Asia Tenggara akan berada pada posisi yang mungkin harus mendukung Washington, sementara negara-negara yang non-blok seperti Indonesia bisa lebih leluasa menentukan sikap sesuai dengan tuntutan domestik dan situasi inter173nasional. Untuk sementara waktu, Common Security Policy lebih mungkin untuk diterapkan dalam bidang keamanan non-tradisional daripada dalam bidang keamanan konven173sional. Konsep ASC sebagai salah satu tonggak Komunitas ASEAN berupaya memuat prinsip-prinsip yang tidak saja dimaksudkan untuk membangun budaya hubungan damai di antara negara-negara ASEAN tetapi juga mendorong terciptanya situasi yang stabil dan damai di dalam negeri masing-masing. Hal ini sesuai dengan definisi komunitas keamanan yang sesungguhnya, di mana tidak boleh ada konflik atau kekerasan, baik dalam hubungan antar-negara maupun di dalam negeri para anggota yang terikat dalam suatu komunitas keamanan. Sistem demokrasi dengan komitmen perlindungan terhadap HAM dianggap sebagai norma dan prinsip yang paling ampuh untuk menciptakan dependable expectations of peaceful change di dalam negeri, sementara integrasi dan penciptaan we feeling antara negara-negara berdaulat dapat mendorong terwujudnya suatu pluralistic security community yang sepenuhnya telah meninggalkan budaya kekerasan dalam menyelesaikan konflik. Upaya Indonesia untuk mendorong diterimanya de173mokrasi dan penghormatan terhadap HAM belum sepenuhnya diterima di dalam kerangka ASC yang di173sepakati di Bali pada 2003, namun dalam VAP sebagian usul awal Indonesia yang semula ditolak berhasil dimasukkan kembali. VAP juga menyetujui berbagai strategi untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat luas di dalam kegiatan ASEAN sehingga kesan ASEAN sebagai organisasi elitis dapat dikurangi. Yang juga penting untuk dicatat adalah kesepakatan untuk meningkatkan kerja sama ASEAN dalam bidang pertahanan dan keamanan maritim, yang merupakan perubahan sikap ASEAN tentang kerja sama multilateral di bidang ini. Meskipun kihwa ASEAN tidak bermaksud untuk membangun Per173tahanan, tampaknya ASEAN tidak lagi menabukan kerja. sama pertahanan di lingkup ASEAN. Rencana untuk melibatkan ASEAN dalam Post-Conflict Peace Building juga menunjukkan keinginan untuk melibatkan ASEAN secara lebih jauh dalam penyelesaian konflik, baik antar anggota maupun (dan ini mungkin akan lebih sering terjadi) dalam menangani konflik yang terjadi di dalam salah satu negara anggota. Situasi terakhir di Myanmar di mana telah terjadi demonstrasi besar-besaran para Bhiksu di akhir September dan awal Oktober 2007 menentang rezim militer yang telah berkuasa dengan tangan besi sejak awal 1960-an merupakan ujian nyata bagi ASEAN, khususnya ideal ASC. ASEAN telah mulai melangkah cukup jauh dari ASEAN Way yang sama sekali menolak melakukan intervensi terhadap urusan dalam negeri sesama anggota, karena dalam beberapa tahun terakhir ASEAN menyatakan tidak lagi akan melindungi Myanmar dari kecaman pihak ketiga karena pemimpin militer Myanmar dinilai telah menyulitkan posisi ASEAN dalam berhubungan dengan para Mitra Dialog. Dalam krisis terakhir, yang ditandai tindakan brutal militer terhadap para demonstran yang menyebabkan terbunuhnya beberapa demonstran ASEAN, melalui Ketuanya, Perdana Menteri Singapura, mengirim surat kepada pemimpin junta Myanmar yang secara terbuka mengecam tindakan represif tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip yang terkandung dalam ASC tentang penghormatan terhadap HAM sudah mulai diterapkan oleh ASEAN. Indonesia yang menjabat sebagai salah satu anggota tidak tetap Dewan Kcamanan PBB tahun 2007-2008 melakukan abstain ketika n merika Serikat dan Inggris mengajukan Resolusi mengutuk Myanmar, sementara RRCChina dan Rusia menentang Resolusi tersebut. Meskipun banyak pihak mengkritik In173donesia yang abstain dan tidak mendukung resolusi wengecam Myanmar, termasuk beberapa kalangan di dalam nrgcri Indonesia sendiri, sikap abstain Indonesia secara Clikup jelas menunjukkan bahwa Indonesia tidak bersedia 1nclindungi pemerintah Myanmar yang dinilai telah me173I, ikukan kejahatan kemanusiaan. Namun sebagai sesama negara ASEAN Indonesia masih menunjukkan solidaritas dan keinginan untuk tidak mengisolasi Viyanmar sehingga Indonesia tidak mendukung resolusi tersebut. Penandatanganan Piagam ASEAN dalam KTT ke-13 ASEAN di Singapura pada 20 November 2007 merupakan tiuatu lompatan besar yang baru bagi ASEAN namun se173kiligus juga mengecewakan banyak pihak. Dengan di tandatanganinya Piagam ASEAN, maka asosiasi regional yang dulu longgar ini akan memasuki babak baru sebagai organisasi regional yang memiliki landasan hukum yang lebih mengikat. Berkaitan dengan fokus kajian ini, apakah ASEAN telah bergeser dari state-oriented menuju people173nricnted dengan keberadaan Piagam ASEAN, jawabannya tidaklah terlalu jelas. Di satu pihak Piagam ASEAN ber173komitmen untuk memperkuat demokrasi, memajukan pe173jnerintahan dan sistem hukum yang bersih, mempromosi173kan dan melindungi hak asasi manusia, yang memberikan landasan hukum yang kuat untuk kebijakan-kebijakan yang lebih pro-rakyat dan pro-keamanan insani. Piagam ASEAN juga mengangkat salah satu agenda ASC untuk membentuk komisi HAM regional sebagai alat penting untuk memaju173kan HAM di kawasan ini. Di lain pihak, Piagam ASEAN juga secara eksplisit menegaskan kembali pentingnya prinsip-prinsip suci ASEAN seperti tidak saling mencampuri urusan dalam negeri masing-masing, pembuatan kebijakan berdasarkan konsensus dan penghormatan atas kedaulatan masing-masing negara anggota. Usul Eminent Persons Group (EPG) yang menyusun draft Piagam, agar pihak-pihak yang me173langgar nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar ASEAN di173jatuhi sanksi, misalnya keanggotaannya dibekukan se173mentara, dikeluarkan dari kesepakatan akhir. Piagam hanya menyatakan bahwa dalam hal tidak ada konsensus, atau ada pelanggaran terhadap nilai-nilai ASEAN oleh salah satu anggota yang perlu disikapi, keputusan akhir diserahkan kepada para pemimpin tertinggi dalam KIT ASEAN. Dengan mengembalikan keputusan-keputusan genting kepada para pemimpin ASEAN, yang masing-masing nota bene memiliki hak veto, maka dapat diduga bahwa apabila terjadi konflik kepentingan antara suatu rezim pemerintahan dan masyarakatnya, maka kepentingan penguasa yang me173monopoli kebijakan tetap akan didahulukan. Meskipun Sekretariat Jenderal ASEAN akan diperkuat ASEAN juga akan tetap merupakan organisasi intergovernmental bukan supranasional. Dengan demikian, meskipun setelah Piagam ASEAN diberlakukan dan Komunitas ASEAN diraih, ASEAN tetap tidak akan memiliki kekuatan su173pranasional yang relatif otonom, yang dapat mengeluarkan keputusan yang harus diikuti oleh setiap anggotanya. Tunduknya ASEAN pada kehendak Myanmar yang menolak presentasi utusan PBB untuk Myanmar, Ibrahim Gambari, dalam sidang ASEAN meskipun yang bersangkutan telah diundang khusu oleh tuan rumah untuk melakukan presentasi tersebut merupakan indikasi kesulitan yang sedang dan akan terus dihadapi ASEAN dalam merekomendasikan antara ideal dan realitas lapangan. Buku dan Artikel Acharya, Amitav and See Seng Tan, Betwixt balance and community: America, ASEAN, and the security of Southeast Asia, International Relations, of the Asia173-Pacific, Vol. 5, 23 Agustus, 2005. . Collective identity and conflict management in Southeast Asia, dalam Emmanuel Adler and Michael Barnett, Security Communities, Cambridge: Cambridge University Press, 1998. . The Association of Southeast Asian Nations: Security Community or Defence Community. Pa173cific Affairs, Vol. 64, No. 2, Summer, 1991. . Constructing a Security Community in Southeast Asia: ASEAN and the Problem of Regional Order London: Routledge, 2001. . Regionalism and Multilateralism: Essays on Coopera173tive Security in the Asia-Pacific Singapore: Times Me173dia Private Ltd. 2003. Alatas, Ali, Piagam ASEAN sebagai Landasan Hukum dan Norma Kerja sama ASEAN, Seminar Nasional Dalam rangka Hari ASEAN ke-39, Deplu, Jakarta, 2006. An ASEAN, of The People, by The People, for the People, Report of the First ASEAN Peoples Assembly, ASEAN173 ISIS-CSIS . Batam, Indonesia, 24-26 November 2000 Anwar, Dewi Fortuna, Kerja sama Politik dan Keamanan ASEAN, dalam C. P.F. Luhulima et. al. Seperempat Abad ASEAN, Sekretariat Nasional ASEAN, Departmen Luar Negeri RI, Jakarta, 1994. ASEAN Security Community Plan of Action, I. Political De173velopment, Vientianne, 29 November 2004. Deutsch, Karl, et. al. Political Community and the North At173lantic Area. International Organization in the Light of PoliticalExperience, Princeton, NJ: Princeton University Press, 1957. Djalal, Hasyim, Politik Luar Negeri Indonesia Dalam Dasawarsa 1990, CSIS, Jakarta, 1990. Emmerson, Donald K. Security, Community, and Democ173racy in Southeast Asia: Analyzing ASEAN, Japanese Journal of Political Science. 6 (2). Ferguson, R. James, ASEAN Concord II: Policy Prospects for Participant Regional Development, Contemporary Southeast Asia: A Journal of International and Stra173tegic Affairs, Vol. 26, no. 3, 2004. Gusfield, J. R. The community: A critical Response, New York: Harper Colopon, 1975. Keliat, Makmur, Pembangunan Komunitas ASEAN, Kompas, 1 Desember 2004. Lihat juga, Emanuel Adler dan Michael Barnett, 1998. Khoo, Nicholas, Deconstructing the ASEAN security com173munity: a review essay, International Relations of the Asia Pacific, vol. 4, 2004. Luhulima, C. P.F. Scope of ASEANs Security Framework for the 21st Century, Singapore: Institute of Southeast Asian Studies, 2000. . ASEAN Menuju Postur Baru, CSIS, Jakarta, 1997. Marzali, Amri, Seminar Membangun Komunitas ASEAN yang berpusatkan pada Masyarakat, Deplu-RI, 10 Agustus 2006. Morgenthau, Hans, Politics Among Nations: The Struggle for Power and Peace, Fifth Edition, Revised, New York: Alfred A. Knopf, 1978. Nathan, Laurie, Domestic Instability and Security Com173munities, European Journal of International Relations, Vol. 12, No. 2. 2006. Peou, Serpong, Merit in security community studies, In173ternational Relations of the Asia-Pacific, vol. 5, 2005. Perwita, Anak Agung Banyu, ASEAN yang Lebih Me173rakyat, Kompas 26 Juli 2007. Plummer, Michael G. Creating an ASEAN Economic Community: Lessons from the EU and Reflections on the Roadmap, dalam Roadmap to ASEAN Economic Community, diedit oleh Denis Hew, Singapore: ISEAS, 2005. Puchala, Donald J. International Politics Today, New York: Dodd, Mead, 1971. Rifkin, Jeremy, The European Dream, Jeremy P Tarcher, New York, 2004. Russett, Bruce, A neo-Kantian perspective: democracy, interdependence and international, organizations in building security communities, dalam Adler and Barnett, Security Communities, Cambridge: Cambridge University Press, 1998. Sukma, Rizal, The Future of ASEAN: Towards a Security Community. Paper presented at a seminar on ASEAN Cooperation: Challenges and prospects in the Current International Situation, New York, 3 Juni 2003. Bali Post, 9 Oktober 2003. Jakarta Post, 13 Januari 2007. Jakarta Post, 17 Januari 2007.Online4x Review Website is down. Company seems to be out of business. There is an FPA Traders Court guilty verdict against Online4x. Unless this is resolved, the FPA recommends caution dealing with this company. Online4x shares the same MT4 servers as FxEthos and several other brokers. There are several regulatory warnings against FxEthos. Until all of these issues are cleared up, the FPA recommends against placing any money with Online4x or FxEthos. Online4x is a forex broker. Online 4x offers the MetaTrader 4 forex trading top platform. Online4x offers over 5 forex currency pairs, gold and silver for your personal investment and trading option.

No comments:

Post a Comment